Must-Have Peralatan Jahit untuk Pemula

Kalo kalian baru belajar menjahit atau niat coba-coba jahit di rumah, pertanyaan yang paling sering adalah peralatan apa aja yang dibutuhkan untuk penjahit pemula. Menurut aku, peralatan jahit bisa dibagi ke dua kategori; yaitu basic dan extra. Yang basic tentunya peralatan yang wajib ada, sedangkan yang extra sifatnya tambahan dan lebih mempermudah dan menghemat waktu menjahit.

Untuk kamu yang pemula, lebih baik gak usah kalap untuk beli semua alat jahit yang ada di toko. Karena peralatan jahit yang extra ini hanya sunnah dan harganya biasanya jauh lebih mahal. So, lebih baik mantepin dulu apakah menjahit bagi kamu adalah passion atau hanya minat sesaat. So, biar kamu gak clueless, ini dia list peralatan jahit untuk pemula:

  1. Kain (kisaran harga: Rp 10.000 – Rp 30.000)

Yang namanya menjahit pastinya butuh kain dong, gak mungkin kan menjahit kapas. Hehe.. Kain yang kalian perlukan tergantung dari jenis projek DIY apa yang kalian mau buat; dari bahan flannel, katun, silk, atau kaus, dll. Kalo hanya untuk memperlancar keliahaian menjahit (tangan atau mesin) lebih baik pakai kain yang murah-murah aja dan bahannya gak licin. Kain katun yang murah-murah harga Rp 20.000/ meter juga banyak yang lucu-lucu kok modelnya!

  1. Alat Gambar Pola (kisaran harga: Rp 5.000 – 10.000 )

Eits, jangan anggap remeh pentingnya alat tulis dan gambar di proses menjahit! Karena sejago apa pun kamu menjahit bakal tetep butuh merumuskan pola dulu (walau pun pola sederhana seperti bentuk lingkaran atau kotak doang pun tetep butuh pola) agar proses jahitan lebih mudah dan rapi. Yang kalian butuhkan hanya kertas, pensil, penghapus dan pena untuk memperjelas pola yang udah fixed.

  1. Alat ukur

Menjahit adalah soal ukuran, jadinya banyak angka dan kadang rumus matematika, hehe. Ketepatan ukuran sangat penting. Alat ukur ada banyak macam dan fungsinya, untuk pemula, hanya butuh penggaris setidaknya ukuran panjang 30 cm dan meteran kain panjang 150 cm. Untuk menjahit pakaian, ada sepasang penggaris wajib yaitu penggaris siku dan lengkung yang biasanya terbuat dari plastic dan berwarna kuning. Penggaris siku fungsinya untuk menggaris bagian siku-siku 90% sehingga garis tidak miring-miring dan penggaris lengkung untuk membuat lengkungan bagian kerah, pinggang, pinggul, ketiak.

Kisaran harga:

  • Meteran kain : Rp 5.000
  • Penggaris biasa : Rp 10.000
  • Penggaris siku dan lengkung : Rp 10.000
  1. Alat potong

Dalam menjahit, masing-masing bahan mempunyai gunting sendiri dan gak boleh disamaratakan, karena kalo gunting kain dipake untuk menggunting bahan lain selain bahan kain, nanti gunting langsung jadi tumpul dan boros deh beli gunting melulu. Penjahit pemula hanya butuh tiga jenis gunting, yaitu gunting kain, gunting kertas dan gunting benang. Gunting kain ukurannya lebih besar dari gunting kertas dan gunting benang yang paling kecil ukurannya. Jadi, gunting kain hanya untuk kain, dan gunting kertas hanya untuk kertas ya!

Kisaran harga:

  • Gunting Kain : Rp. 25.000 – Rp 40.000
  • Gunting Kertas : Rp 5.000 – Rp 15.000
  • Gunting Benang : Rp 5.000
  1. Benang

Benang ada banyak jenisnya untuk jenis bahan yang berbeda-beda. Yang paling banyak digunakan adalah benang katun yang harganya paling murah, yaitu Rp 1.000 per gulung.

6. Pendedel Benang (Seam Ripper)

Pendedel benang atau seam ripper fungsinya untuk melepas jahitan kalo-kalo kamu mau memperbaik atau merubah jahitan. Kelihatannya remeh, tapi ini penting banget, dari penjahit pemula sampai yang designer expert sekalipun wajib punya seam ripper

7. Fabric Markers

Fabric markers gunanya untuk menandai kain untuk pola sederhana atau menandai depan-belakang. Umumnya hanya terdapat beberapa warna pokok saja yang kemungkinan paling ‘nyala’ di kain warna apa pun, seperti kuning, merah, biru dan putih. Fabric markers ada banyak jenisnya dan berbeda-beda harga. Untuk pemula, fabric chalk atau kapur kain sudah cukup, selain murah juga paling tahan lama kok!

Kisaran harga: Rp 3.000 – Rp 12.000 (tergantung merk)

8. Alat Cetak Pola

Setelah pola dibuat di kertas, pola dijeplak di kain. Biasanya ini hanya untuk proyek menjahit pakaian. Alat cetak pola yang paling penting hanya dua, yaitu rader kain dan karbon kain. Karbon kain bentuknya hampir mirip dengan karbon kertas, bedanya karbon kain lebih mengkilat dan tidak gampang mengotorkan kain seperti karbon kertas. Warna karbon kain hampir sama seperti warna fabric markers, yaitu hanya warna merah, kuning, biru dan hitam.

Kisaran harga:

  • Rader kain : Rp 5.000
  • Karbon kain : Rp 1000/ lembar

 

  • 9. Jarum Pentul

Jarum pentul ini penting hukumnya biar kain tidak lari waktu dijahit. Kalo beli jarum pentul mending beli yang mahal dikit sekalian karena yang murah (yang harga Rp 2.000 dapet satu lingkaran) gampang tumpul dan gak licin buat dimasukin/ dilepas di kain. Toh, jarum pentul ini bisa dipake lama dan banyak manfaatnya.

Kisaran harga jarum pentul : Rp 2.000 – Rp 20.000/ kotak

10. Jarum atau Mesin Jahit

Tergantung dari jenis DIY yang akan dikerjakan, kalo pake tangan, seperti kerajinan dari kain flannel, jarum benang aja udah cukup. Untuk sewing projects yang lebih rumit sebaiknya pakai mesin jahit karena hasilnya akan lebih kokoh dan gak gampang bredel. Untuk tips memilih mesin jahit untuk pemula, baca disini!

Segitu aja daftar perlengkapan jahit yang sifatnya basic atau wajib. Bisa dikira-kira dong, kalian butuh modal berapa. Aku juga bikin video tentang beberapa peralatan jahit extra yang aku punya, tonton videonya disini. Happy sewing, y’all!

5 Comments on “Must-Have Peralatan Jahit untuk Pemula”

  1. Aku pengen belajar menjahit jugak. Tapi mesin jahit yang ada dirumah cuma mesin jahit lama yg warna hitam gituu loo.. Apa perlu beli mesin jahit baruu yaa??? Saran dongg.. Saran juga dong rekomendasi mesin jahit baru yang murah + baguss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *