Berkreasi dengan Hoop Art

Buat kalian yang belum tau apa itu hoop art, pada dasarnya hoop art adalah seni berkreasi pada alat pembidang, karena kata hoop itu sendiri artinya adalah alat pembidang yang digunakan saat menyulam agar kain tetap kencang. Dulu bahan pembidang hanya terbuat dari kayu, namun sekarang sudah banyak dijual yang terbuat dari plastic berwarna-warni dengan harga yang lebih murah. Bentuk pemidangnya pun tidak hanya bulat, ada yang lonjong dan kotak. Namun di Indonesia sendiri aku belum pernah menemukan bentuk lain selain lingkaran, bahkan untuk mendapatkan pemidang dari bahan kayu pun harus order online, hiks!

Cara berkreasi dengan pembidang ini pun berbeda-beda, tidak harus melibatkan jahit-menjahit. Bisa dengan menempel-nempel material di kain, melukis, atau hanya dengan memilih kain yang motifnya lucu tanpa ditambah dekorasi yang lainnya. Masing-masing teknik punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, kalau menempel dengan lem tembak, memang lebih cepat, tapi kalo untuk secure-nya, aku lebih suka yang dengan jahitan atau setidaknya dikombinasi teknik. Berikut beberapa referensi dari berbagai sumber:

Hoop art dengan menggabungkan jahitan tangan dan menempel dengan kain
Perpaduan antara melukis dengan tinta dan menjahit dengan benang
Menjahit dengan benang timbul
Mendekor dengan menempel kain flanel dan membuat tulisan dengan teknik menjahit

Dulu, image yang melekat dengan hoop art adalah kuno alias jadul banget kayak nenek-nenek aja, karena gambar yang dibentuk kebanyakan sama. Padahal sebenarnya hal itu tergantung bagaimana kreasi kita memadukan teknik hoop art dengan sesuatu yang lebih kekinian. Selain modalnya murah, membuat hoop art melatih otak kanan dan kesabaran kita juga lho! Juga bisa digunakan untuk hiasan dinding atau kado buat orang-orang tersayang!

Nah kalo ini, contoh design hoop art yang ada di CRAFTOPIA, beberapa juga sudah banyak yang order sesuai request gambar buat acara-acara seperti ulang tahun, anniversary dan lain-lain. Hehe, sekalian promosi ya… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *